Jumat, 20 September 2013

Tips Aman Mengupas Bawang

Dalam keseharian kita tentu memasak adalah hal yang selalu dilakukan oleh siapa pun, apa lagi ibu rumah tangga, atau mungkin teman2 yang tinggal sendiri tentu pasti pernah memasak. Kalau Anda pernah memasak pasti sering mengalami yang namanya mata perih saat memotong bawang merah, 

Saat memotong, mengiris, si dagin bawang merah memang akan menyebabkan mata menjadi perih dan berair dikarenakan bawang merah mengandung gas yang disebut gas propanethial-sulfur oxide yang terbang mengudara saat dagin tubuh bawang merah itu di koyak dan ditebas-tebas oleh benda tajam. Kemudian di olah serta dibentuk oleh reaksi kimia yang ribet saat di udara yang sulit untuk saya jelaskan, karena saya bingung mau menjelaskannya pokoknya akhir dari reaksi kimia itu yang ujung-ujungnya membentuk asam belerang yang mengenai mata dan membuat mata sobat menangis perih. hahaha,,haha,,,
Nah... di blok saya kali ini saya akan memberikan tips agar Anda tidak menangis saat mengupas bawang merah,, kasian donk masa harus nangis tiap hari lau mau masak heheh,,, langsung aja ya ini tipsnya.
 
NyalakaTerbitkan Entrin lilin alias bakar sebatang lilin di samping Anda sambil mengupas bawang merah, hal ini sulit saya jelaskan tapi emang pengalaman yang telah saya coba sendiri. karena uap yang dihasilkan oleh nyala lilin mampu menyerap zat kimia pada bawang merah yang sering menyebakan mata perih..
Selamat mencoba ya dan jangan lupa beri komentar.



Read more: http://www.cakrawawasan.com/2013/07/kenapa-jika-mengiris-bawang-merah-mata.html#ixzz2fTyNub40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar